Rebo Wekasan

10/02/2010

in Campuran

REBO Wekasan atau Rabu Wekasan adalah hari Rabu terakhir pada bulan Sapar. yaitu jatuh pada hari ini pada saat tulisan ini dibuat.masyarakat menganggap Tuhan menurunkan banyak musibah dan bencana, karenanya pada hari ini perlu banyak diadakan amalan untuk memohon ampun dan bertaubat kepada Tuhan.

Pada hari Rebo Wekasan juga dianjurkan banyak mengeluarkan sedekah kepada sesama, dan berbuat kebaikan.
Sebagian masyarakat percaya bahwa pada hari Rebo Wekasan ini memiliki nilai religius tinggi.
Sejarah Rebo Wekasan
Kepercayaan ini sudah lama, bahkan Pyper, sarjana Belanda, dalam buku Beberapa Aspek tentang Sejarah Islam di Indonesia Abad Ke-19, (1979) menyebut bahwa sejak abad ke 17 M, tradisi ini sudah muncul di masyarakat muslim, khususnya di Nusantara, seperti di Aceh, Sumatra Barat, dan Jawa bisa dilihat di Festival Museum Nusantara. Bagi masyarakat, momentum ini dimanfaatkan untuk mengenang kembali perjuangan para ulama yang berjasa menyebarkan agama Islam.
Dengan demikian ulama telah menerapkan suatu kearifan lokal dalam menghadapi fenomena budaya di masyarakat(astaga.com Lifestyle on The Net). Langkah yang bisa ngemong masyarakat dalam melihat suatu budaya agar akar budaya itu tidak jauh menyimpang dari adat ketimuran dan agama khususnya (indonesia Java International destinantion).

{ 2 comments… read them below or add one }

1 sulasuntri February 10, 2010 at 5:49 pm

masih inget cari backlink dari socialnext? ane nemu link ane diganti ke blog ini disitu, ya kalo ente ga ngerasa ya maap, tapi yang jelas disitu link ane di apus dan diganti ama link kontes blog ini………..

2 free wordpress theme April 1, 2010 at 12:17 pm

Mantap bozzz…

Leave a Comment

Previous post:

Next post: